MUHAMMAD, THORIQ BAYHAQI (2025) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN UDANG VANAME MUMBULSARI AQUACULTURE KABUPATEN LOMBOK UTARA. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHEK.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Budidaya udang vaname ini memiliki prospek yang memnjanjikan di wilayah Indonesia, khususnya di Nusa Tenggara Barat yang merupakan salah satu penghasil terbesar impor perikanan. Mumbulsari Aquacultura di Kabupaten Lombok Utara menjadi objek penelitian karena sudah menggunakan sistem budidaya intensif berbasis teknologi modern, yang di harapkan dapat meningkatkan daya saing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran udang vaname berdasarkan konsep bauran pemasaran 4P (Product, price, place, promotion) guna menjadikan faktor pendukung keberhasilan pemasaran udang vaname ini. Pendekatan penelitian yang di gunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus, pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan analisis data yang di gunakan Adalah, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini adalah pemilik tambak, menejer tambak, kepala feeder, tokoh ekonomi dan ketua akademisi bidang manajemen bisnis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi produk di fokuskan pada penyediaan udang berkualitas tinggi, bebas antibiotic, berukuran seragam untuk memenuhi standar pasar. Strategi harga ditetapkan secara fleksibel mengikuti kualitas dan permintaan pasar, strategi distribusi diarahkan ke pasar potensial di luar daerah seperti Surabaya, Bayuwangi dan Jakarta. Serta strategi promisi yang di gunakan menggunakan jaringan relasi, rekomendasi pelanggan dan bisnis to bisnis. Kesimpulan dari penelitian ini penerapan strategi pemasaran yang terintegrasi dan kosisten menjaga kualitas mampu jmeningkatkan volume penjualan, memperluas jaringan pasar dan memperkuat daya saing Mumbulsari Aquaculture.Temuan ini memberikan dampak bahwa keberhasilan pemasaran dalam budidaya udang sangat bergantung pada kombinasi kualitas produk, harga, jaringan distribusi yang efektif, sehingga dapat menjadi acuan bagi pengembangan usaha sejenis di daerah lain.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Strategi pemsaran, Bauran pemasaran, Udang vaname | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 352 Pemerintah Lokal | |||||||||
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Bisnis > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Muhammad Thoriq Bayhaqi | |||||||||
Date Deposited: | 01 Sep 2025 03:19 | |||||||||
Last Modified: | 01 Sep 2025 03:19 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/12092 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |