ANALISIS PENGEMBANGAN SISTEM E-GOVERNMENT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (Studi Aplikasi E-Ranin Dirumah Sakit Umum Kabupaten Dompu)

NURAENI, NURAENI (2025) ANALISIS PENGEMBANGAN SISTEM E-GOVERNMENT DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK (Studi Aplikasi E-Ranin Dirumah Sakit Umum Kabupaten Dompu). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui Pengembangan Sistem E-Government Dalam meningkatkan kualitas Pelayanan Publik di Rumah Sakit Umum Kabupaten Dompu. E-Government memiliki peran penting dalam memberikan layanan kepada masyarakat, dunia usaha, dan berbagai sektor lainnya dalam lingkup administrasi pemerintahan. Tidak hanya menekankan pada efisiensi dan aspek teknis semata, namun penerapan sistem ini turut memberikan berbagai manfaat strategis, seperti meningkatkan transparansi, memperluas keterlibatan masyarakat dalam proses pelayanan, serta memperkuat mekanisme pengawasan terhadap kinerja aparatur negara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi, tindakan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pembangunan dan pengembangan e-government di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Dompu dilakukan dengan strategi penguatan sistem dan infrastruktur yang terintegrasi serta dengan pengadaan pelayanan publik berbasis teknologi diantaranya dengan diluncurkannya Aplikasi E-RANIN untuk mendukung layanan Hemodialisis. Aplikasi ini dikembangkan untuk mempermudah dan meningkatkan pelayanan bagi pasien yang membutuhkan hemodialisis. Terlepas dari itu, Pengembangan e-government melaui aplikasi e-ranin dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan Rumah Sakit Umum Kabupaten Dompu dipengaruhi oleh faktor pendorong dan faktor penghambat. Faktor pendorong yakni adanya keinginan dari pimpinan dan adanya komitmen pegawai dalam penguasaan kompetensi di bidang IT. Kemudian faktor penghambat meliputi, gangguan teknis operasional seperti gangguan pada jaringan internet, server, perangkat komputer rusak. Selain itu, faktor penghambat lain adalah keterbatasan penguasaan IT masyarakat, tidak seluruh Masyarakat atau pasien mampu mengoperasikan aplikasi e-ranin sehingga tidak jarang beberapa masyarakat merasa kesulitan dalam penggunaannya.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMUHAMMAD, ALInidn0809039204
Thesis advisorM., ULFATUL AKBAR JAFARnidn0809039203
Uncontrolled Keywords: Pengembangan; E-Government; Pelayanan Publik
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 658 Manajemen Umum
300 Ilmu Sosial > 352 Pemerintah Lokal
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Administrasi Publik > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Nuraeni Nuraeni
Date Deposited: 03 Sep 2025 02:27
Last Modified: 03 Sep 2025 02:27
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11965

Actions (login required)

View Item View Item