STRATEGI PENETAPAN HARGA DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN TOKO SALAM MART DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM

CIK, NURUL AQIDAH FATILLA (2025) STRATEGI PENETAPAN HARGA DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN TOKO SALAM MART DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dua permasalahan utama, yakni: bagaimana strategi penetapan harga yang diterapkan oleh Toko Salam Mart, dan bagaimana strategi tersebut berkontribusi dalam peningkatan volume penjualan ditinjau dari perspektif ekonomi Islam. Untuk memperoleh pemahaman yang komprehensif terhadap kedua permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan berasal dari sumber primer dan sekunder guna memperoleh informasi, data, dan fakta empiris mengenai strategi penetapan harga yang digunakan oleh Toko Salam Mart dalam kerangka ekonomi Islam. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara langsung dengan owner atau direktur Toko Salam Mart serta beberapa konsumen yang dipilih sebagai informan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi penetapan harga yang diterapkan oleh Toko Salam Mart mengikuti beberapa tahapan, mulai dari proses pembelian barang, pengelolaan persediaan, penghitungan total biaya produksi, hingga penetapan harga jual. Metode yang digunakan dalam menentukan harga jual produk adalah metode Full Cost Plus Mark-up, yaitu dengan menambahkan sejumlah margin tertentu di atas total biaya produksi. Adapun dalam konteks ekonomi Islam, strategi penetapan harga di Toko Salam Mart memperhatikan prinsip keadilan harga, serta menghindari praktik yang bertentangan dengan etika bisnis Islam seperti ikhtikar (penimbunan). Dengan demikian, strategi ini berimplikasi positif dalam mendorong peningkatan volume penjualan secara berkelanjutan.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorNOVI, YANTI SANDRA DEWInidn0828118303
Thesis advisorZAENAFI, ARIANInidn0804068201
Uncontrolled Keywords: Strategi penetapan harga, Meningkatkan volume penjualan, Ekonomi Islam
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 330 Ekonomi
200 Agama > 2X0 Islam Umum
Divisions: Fakultas Agama Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Cik Nurul Aqidah Fatilla
Date Deposited: 26 Aug 2025 03:22
Last Modified: 26 Aug 2025 03:22
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11925

Actions (login required)

View Item View Item