PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIFKELAS IV PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU SDN 38 MATARAMTAHUN PELAJARAN 2019/2020

YUYUN KRISMONTIKA, YUYUN KRISMONTIKA (2020) PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR ASPEK KOGNITIFKELAS IV PADA TEMA INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU SDN 38 MATARAMTAHUN PELAJARAN 2019/2020. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
SKRIPSI YUYUN COVER - BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
SKRIPSI YUYUN BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (893kB) | Request a copy
[img] Text
SKRIPSI YUYUN BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuibagaimanakah A pengaruhhasilbelajaraspekkognitif yang signifikandenganmenggunakanmetodemind mapping diKelas IV PadaTemaIndahnyaKeragaman di Negeriku SDN 38 MataramTahunPelajaran 2019/2020. Pengertianmetodemind mappingataupetapikiranadalahteknikmeringkasbahan yang perludipelajari, danmemproyeksikanmasalah yang dihadapikedalambentukpetaatauteknikgrafiksehinggalebihmudahmemahaminyaMenurutSugiarto (2004:75), mind mappingmemungkinkanpesertadidikuntukmembuatcatatantidakhanyadengantulisan, melainkandapatmenggunakangambar, warna, simbol, garis yang dapatmeningkatkankreativitasdengantujuanpenelitian ini adalahuntukmengetahuiapakahterdapatperbedaanhasilbelajaraspekkognitif yang signifikandenganmenggunakanmetodemind mapping di Kelas IV PadaTemaIndahnyaKeragaman di Negeriku SDN 38 MataramTahunPelajaran 2019/2020.Penelitianinimerupakanpenelitiankuantitatifdenganpendekataneksperimendenganmenggunakandesainnon equivalent control group design.Subjekdalampenelitianiniadalahseluruhpesertadidikkelas IV SDN 38 MataramTahunPelajaran 2019/2020.Sampelpenelitiandiambilsecarateknik sampling jenuh.Instrumenpenelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahpilihangandasebanyak 20 soal. Hasilpenelitianinimenunjukanbahwaterdapatpengaruhyangsignifikandenganmenggunakanmetodemind mappingterhadaphasilbelajaraspekkognitifkelas IVpadaTemaIndahnyakeragaman di negeriku SDN 38 MataramTahunPelajaran 2019/2020,yang dibuktikandenganhasiluji t (paired sample t-test),dimanathitunglebihbesardarittabelyaitu 7,447 > 2,145 dan Sig. (2 tailed) = 0,000 < 0,05, maka Ho ditolakdan Ha diterima.Artinyaperbedaanhasilbelajaraspekkognitif yang signifikandenganmenggunakanmetodemind mapping di Kelas IV PadaMateriIndahnyaKeragaman di Negeriku SDN 38 MataramTahunPelajaran 2019/2020.Data inididukungdenganperbandingannilairata-rata hasilpost-testkelaseksperimenlebihbesardarikelascontrolyaitu82,33>69,33. Kata kunci: Metode mind mapping, hasilbelajaraspekkognitifpesertadidik

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
ReviewerNANANG, RAHMAN0824038702
ReviewerNURSINA, SARI08250591102
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Metode mind mapping, hasilbelajaraspekkognitifpesertadidik
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)
Depositing User: Bahaudin Bahaudin
Date Deposited: 11 Sep 2020 03:47
Last Modified: 11 Sep 2020 03:47
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1185

Actions (login required)

View Item View Item