JIHADUL, HAZMI (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SELF DIRECTED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS IV SDN 23 CAKRANEGARA TAHUN AJARAN 2025/2026. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER - DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CEK SKRIPSI JIHAD.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan model Self Directed Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi pecahan kelas IV di SDN 23 Cakranegara Semester Genap tahun pelajaran 2025/2026. Penelitian ini menggunakan pendekatan Kuantitatif yaitu suatu penelitian yang memfokuskan analisisnya pada data-data numerik angka yang diolah dengan metode statistika. Desain penelitian menggunakan one group pretest – posttest design. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik analisis data akhir menggunakan hasil uji hipotesis menujukkan nilai Sig > α (0,51 > 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat pengaruh Model Self Directed Learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas IV SDN 23 Cakranegara Tahun Ajaran 2025/2026. Yang artinya metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran Self Directed Learning,Hasil Belajar siswa | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 372 Pendidikan Dasar | |||||||||
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Jihadul Hazmi | |||||||||
Date Deposited: | 21 Aug 2025 03:01 | |||||||||
Last Modified: | 21 Aug 2025 03:01 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11807 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |