LILI, SURYANI (2025) PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR (FLASH CARD) PADA PEMBELAJARAN KOSA KATA BAHASA ARAB KELAS III DI MI ISTI’DADUDDARIN ORONG RAMPUT. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian yang berjudul Penggunaan Media Gambar (Flash Card) pada pembelajaran kosakata Bahasa Arab Di MI Isti’daduddarain Orong Ramput Medana Tanjung Lombok Utara, peneliti meneliti penelitian ini atas dasar bahwa (1) ingin mengetahui bagaimana Penggunaan Media gambar (Flash Card) di MI Isti’daduddarain Orong Ramput Medana, selain atas dasar di atas peneliti juga ingin mengetahui (2) apa saja faktor yang bisa mempengaruhi kualitas belajar siswa pada Penggunaan media gambar (Flash Card) yang di lakukan di MI Isti’daduddarain Orong Ramput Medana. Penelitian ini dilakukan di MI Isti’daduddarain Orong Ramput Medana Tanjung Lombok Utara. Jenis Pendekatan yang dilakukan pada penelitian ini adalah jenis pendekatan kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif. Pada penelitian ini peneliti mengumpulkan data menggunakan tekhnik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sumber data penelitian ini di dapatkan di Kepala Sekolah dan Guru MI Isti’daduddarain Orong Ramput Medana Tanjung Lombok Utara. Dan tekhnik analisis data yang peneliti gunakan adalah pengumpulan data, reduksi data dan penyajian pada penarikan kesimpulam. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah (1) Penggunaan media gambar (flash card) pada pembelajaran kosa kata Bahasa arab dilakukan setiap pada hari sabtu Materi yang diberikan pada penggunaan media gambar ini ialah terkait dengan Nama- hewan, buah-buahan dan kosa kata yang ada di lingkungan sekitar. (2) hasil Penggunaan media gambar (flash card) yang ke dua berfokus pada faktor yang mempengaruhi kualitas belajar peserta didik terkait dengan faktor penghambat dan pendukung, faktor penghambat yaitu (a) ketidak fokusan peserta didik dalam belajar (b) kehadiran peserta didik didalam kelas ketika pelaksanaan penggunaan media gambar (flash card) (3) kemampuan peserta didik dalam memahami suatu materi berbeda-beda. Faktor pendukungnya yaitu (a) ketekunan peserta didik mengucapkan kosakata Bahasa Arab yang ada pada media gambar (flash card) dalam kegiatan sehari hari (b) materi yang disampaikan melalui media gambar (flash card) dapat tersampikan dengan baik karena dibarengi dengan praktik langsung di ruang lingkup sekolah.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran, Kosa Kata, Bahasa Arab, Flash Card. | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | Lili Suryani | |||||||||
Date Deposited: | 19 Aug 2025 02:56 | |||||||||
Last Modified: | 19 Aug 2025 02:56 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11750 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |