M., NURKHOLIS MAZID (2025) PENERAPAN METODE QIRA’ATI UNTUK PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA Al-QUR’AN DI KELAS 1 MADRASAH IBTIDAIYAH DI DUSUN SEPI DESA BUWUN MAS KECAMATAN SEKOTONG. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.
![]() |
Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
![]() |
Text
SIMILARITY CHECK.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan Al-Qur'an memegang peranan krusial dalam membentuk karakter dan spiritualitas siswa, khususnya di tingkat dasar. Namun, seringkali ditemukan tantangan dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa, terutama di kelas awal. Madrasah Ibtidaiyah di Dusun Sepi, Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, menghadapi kebutuhan akan metode pembelajaran yang efektif untuk mengatasi masalah ini dan memastikan siswa kelas 1 memiliki dasar bacaan Al-Qur'an yang kuat. Metode Qira’ati, yang telah teruji dan banyak diterapkan, diyakini menjadi solusi potensial untuk meningkatkan kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara mendalam penerapan Metode Qira’ati serta menguji efektivitasnya dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas 1 di Madrasah Ibtidaiyah tersebut pada tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif-evaluatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas 1 dan guru Al-Qur’an di Madrasah Ibtidaiyah di Dusun Sepi. Data dikumpulkan melalui observasi langsung terhadap proses pembelajaran, wawancara dengan guru dan siswa, serta tes kemampuan membaca Al-Qur’an yang mencakup aspek kelancaran, makharijul huruf, dan tajwid (pre-test dan post-test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Qira’ati di kelas 1 Madrasah Ibtidaiyah ini telah dilaksanakan dengan baik sesuai panduan, mencakup tahapan pengenalan huruf, harakat, hingga bacaan panjang pendek. Penerapan metode ini terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa. Hal ini terlihat dari peningkatan signifikan skor rata-rata kemampuan membaca Al-Qur’an siswa setelah penerapan Metode Qira’ati, serta antusiasme dan kemandirian siswa dalam belajar. Disimpulkan bahwa Metode Qira’ati merupakan pendekatan yang relevan dan berhasil dalam memfasilitasi peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an pada siswa kelas 1. Penelitian ini merekomendasikan agar metode Qira’ati terus dioptimalkan dan dijadikan rujukan bagi lembaga pendidikan serupa untuk mencapai hasil pembelajaran yang maksimal.
Item Type: | Thesis (undergraduate) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Contributors: |
|
|||||||||
Uncontrolled Keywords: | Metode Qira’ati, membaca Al-Qur’an | |||||||||
Subjects: | 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan | |||||||||
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah > Laporan Tugas Akhir | |||||||||
Depositing User: | M Nurkholis Mazib | |||||||||
Date Deposited: | 13 Aug 2025 01:01 | |||||||||
Last Modified: | 13 Aug 2025 01:01 | |||||||||
URI: | http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11719 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |