ANALISA TINGKAT PELAYANAN SIMPANG TAK BERSINYAL MENGGUNAKAN PEMODELAN SOFTWARE PTV VISSIM (STUDI KASUS SIMPANG EMPAT BENGKEL LOMBOK BARAT)

WAHYUDIN, WAHYUDIN (2025) ANALISA TINGKAT PELAYANAN SIMPANG TAK BERSINYAL MENGGUNAKAN PEMODELAN SOFTWARE PTV VISSIM (STUDI KASUS SIMPANG EMPAT BENGKEL LOMBOK BARAT). undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER sampai DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHECK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kabupaten Lombok Barat merupakan salah satu Kabupaten yang langsung berdekatan dengan Kota Mataram ibukota Provinsi di Nusa Tenggara Barat, sehingga sudah bisa dipastikan arus lalu lintas di wilayah ini akan sangat padat, salah satunya di Simpang empat Bengkel lombok Barat. Sehubungan hal itu maka perlu dilakukan penelitian khususnya pada simpang tak bersinyal yang berada di Bengkel Lombok Barat yang dimana mengalami permasalahan dari kemacetan dan diupayakan dilakukan pemodelan menggunakan software PTV VISSIM sehingga nantinya simpang pada ruas jalan tersebut dapat melayani arus lalu lintas secara optimal dan pengguna jalan yang melintas dipersimpangan Bengkel akan merasa tetap aman dan nyaman. Pengumpulan data diperoleh melalui survei di lapangan dan parameternya meluputi: Kondisi Geometrik, Kondisi lalu lintas, dan Kondisi lingkungan. Instrumen pengumpulan data menggunakan bantuan berupa formulir survei, alat tulis, jam dan roll meter. Dari hasil penelitian dan pembahasan pada simpang Empat Bengkel didapat nilai tertinggi pada kondisi existing pemodelan vissim yaitu pada hari senin dengan Panjang antrian rata-rata (Qlen) 112,02 m, Panjang antrian maksimum (Qlen max) 363,35 m dan Tundaan (VehDelay) 30,61 det/skr, dan alternatif memiliki nilai dengan Panjang antrian rata-rata (Qlen) 85,54 m, Panjang antrian maksimum (Qlen max) 356,56 m dan Tundaan (VehDelay) 22,82 det/skr dari perbandingaan hasil pada kondisi existing dengan alternatif kita bisa lihat nilai dari (Qlen), (VehDelay), dan (LOS) pada kondisi existing pada jam puncak tertinggi mengalami penurunan setelah melakukan alternatif dengan penambahan lebar jalan yaitu 1m untuk jalan mayor yang seelumnya memiliki tingkat pelayanan (LOS) D menjadi (LOS) C.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorTITIK, WAHYUNINGSIHnidn0819097401
Thesis advisorADRYAN, FITRAYUDHAnidn0802058903
Uncontrolled Keywords: Simpang Tak Bersinyal, software PTV VISSIM
Subjects: 600 Teknologi dan Ilmu Terapan > 624 Teknik Sipil
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Wahyudin Wahyudin
Date Deposited: 07 Aug 2025 07:47
Last Modified: 07 Aug 2025 07:47
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11632

Actions (login required)

View Item View Item