PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY (STS) TERHADAP MINAT BELAJAR SAINS PADA MATERI SIFAT ZAT KELAS IV SD NEGERI 05 HU’U

LUTFAH, LUTFAH (2025) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCIENCE TECHNOLOGY SOCIETY (STS) TERHADAP MINAT BELAJAR SAINS PADA MATERI SIFAT ZAT KELAS IV SD NEGERI 05 HU’U. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
SIMILARITY CHEK.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Science Technology Society (STS) terhadap minat belajar sains siswa pada materi sifat zat di kelas IV SD Negeri 05 Hu’u. Masalah dalam penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa dalam pembelajaran sains akibat penggunaan model pembelajaran yang masih bersifat konvensional dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Model pembelajaran STS dipilih karena mampu menghubungkan konsep-konsep sains dengan kehidupan sehari-hari melalui isu-isu sosial dan teknologi, sehingga diharapkan dapat meningkatkan ketertarikan siswa terhadap pelajaran sains. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi experiment) dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran menggunakan model STS, dan kelas IV B sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket dan observasi. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji Independent Sample T-Test dengan bantuan program SPSS 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara minat belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata angket minat belajar siswa di kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol setelah diberi perlakuan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Science Technology Society (STS) berpengaruh positif terhadap peningkatan minat belajar sains siswa pada materi sifat zat.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
Thesis advisorMuhammad, Nizaarnidn0821078501
Thesis advisorNanang, Rahmannidn0824038702
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran STS, Minat Belajar, Sains, Sifat Zat, Sekolah Dasar
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) > Laporan Tugas Akhir
Depositing User: Lutfah Lutfah
Date Deposited: 07 Aug 2025 06:20
Last Modified: 07 Aug 2025 06:20
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/11630

Actions (login required)

View Item View Item