KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS V DI MI NW JOHAR PELITA DESA SESELA KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Amanda, Dian Fitrah (2019) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS V DI MI NW JOHAR PELITA DESA SESELA KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT. undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Mataram.

[img] Text
COVER-BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (397kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Keefektifan Model Pembelajaran Group InvestigationTerhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran FiqihKelas V di MI NW Johar Pelita Desa Sesela Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat Tahun Ajaran 2019. Tujuan penelitian skripsi ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah keefektifan model pembelajaran group investigation dan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Dalam penelitian ini yang menjadi sasaran tindakan kelas V MI NW Johar Pelita Desa Sesela Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat Tahun Ajaran 2019. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. subjek penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 15 orang. pengumpulan data diperoleh dengan lembar observasi guru dan lembar observasi siswa, serta tes hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yang mencapai ketuntasan pada tiap siklus yaitu siklus I dengan nilai rata-rata kelas 54,66 dan presentase ketuntasan klasikal 40%. Kemudian siklus II dengan nilai rata rata-rata kelas 79,33 dan presentase ketuntasan klasikal 80% peningkatan juga terlihat dari aktivitas belajar siswa, yaitu siklus I dengan jumlah skor 52 dan dikategorikan aktif, sedangkan pada siklus II dengan jumlah skor 69 dikategorikan sangat aktif. Hasil ini menunjukkah bahwa keefektifan model group investigation dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih dalam materi qurban di kelas V MI NW Johar Pelita Desa Sesela Tahun Pelajaran 2019. Kata kunci : Model Pembelajaran Group Investigation, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Repository Institusi UMMAT
Subjects: 200 Agama > 2X4 Fiqih, Hukum Islam
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Guru Madrasa Ibtidaiyah
Depositing User: Ridwan Ridwan
Date Deposited: 30 Nov 2019 01:34
Last Modified: 30 Nov 2019 01:34
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/116

Actions (login required)

View Item View Item