EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA POSTER 3 DIMENSI SECARA DARINGPADA MATERI TATA SURYA BERBASIS GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPFISIKA SISWA KELAS VII SMPN 1 WERA TAHUN PELAJARAN 2019/2020

FERNIAWAN, FERNIAWAN (2020) EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA POSTER 3 DIMENSI SECARA DARINGPADA MATERI TATA SURYA BERBASIS GOOGLE CLASSROOM UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPFISIKA SISWA KELAS VII SMPN 1 WERA TAHUN PELAJARAN 2019/2020. undergraduate thesis, ["eprint_fieldopt_institution_Universitas Muhammadiyah Mataram" not defined].

[img] Text
COVER - BAB 123.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (446kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaanmedia poster 3 dimensi secara daring pada materi tata surya berbasisGoogle Classroom guna meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa kelas VII SMPN 1 WERA. Penelitian ini berupa penelitian True eksperimental dasing pre-test dan post-test. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 1 WERA yang berlokasi di Desa Tawali, Kec. Wera, Kab. Bima, NTB. Pembelajaran yang digunakan ialah yang tidak menggunakan media poster 3 dimensi secara daringuntuk kelas kontrol, untuk kelas eksperimen menggunakan media poster 3 dimensi secara daring. Sampel penelitian ialah kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-2 sebagai kelas kontrol. Ada tiga tahap teknik pengumpulan data,yaitu tahap persiapan, tahap menentukan kemampuan awal sampel, dan tahap pelaksanaan tindakan. Instrumen penelitian berupa tes objektif, yakni uji validitas, uji realiabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda. Teknik analisis data yang digunakan ialah uji persyaratan analisis meliputi uji homogenitas dan uji normalitas. Serta uji hipotesis berupa uji-t. Diperoleh hasil perhitungan uji-t, pre-test thitung =0,332 dan ttabel =1,682 (thitung < ttabel). Berarti hipotesis nol (Ho) diterima dan hipotesis alternatif (Ha) ditolak. Menandakantidak ada perbedaan kemampuan awal siswa. Nilai post-test thitung =2,744 dan ttabel=1,682 (thitung > ttabel) berarti (Ho) ditolak dan(Ha) diterima.Hasil analisis nilai uji N-gain; kelas eksperimen sebesar 0,44 berkategori “sedang” dan kelas kontrol 0,22 berkategori “rendah”.Akhirnya diperoleh bahwa efektifitas penggunaan Media Poster 3 Dimensi secara daring pada Materi Tata Surya Berbasis Google Classroomdapat meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa Kelas VII SMPN 1 WERA Tahun pelajaran 2019/2020. Kata kunci : Efektifitas penggunaan Media Poster 3 Dimensi Secara Daring, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (undergraduate)
Contributors:
ContributionContributorsNIDN/NIDK
UNSPECIFIEDJOHRI, SABARYATINIDN0804048601
UNSPECIFIEDLINDA, SEKAR UTAMINIDN0817088304
Uncontrolled Keywords: Efektifitas penggunaan Media Poster 3 Dimensi Secara Daring, Pemahaman Konsep
Subjects: 300 Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan
Depositing User: Mariana Rahmawati
Date Deposited: 31 Aug 2020 03:44
Last Modified: 31 Aug 2020 06:20
URI: http://repository.ummat.ac.id/id/eprint/1059

Actions (login required)

View Item View Item